MENDIDIK ANAK USIA 4 TAHUN | Kemampuan Bahasa Anak Pra Sekolah Dipengaruhi Temannya

MENDIDIK ANAK USIA 4 TAHUN

MENDIDIK ANAK USIA 4 TAHUN | Pada anak-anak pra sekolah, kemampuan bahasa penting karena akan menajdi dasar memahami pelajaran berikutnya. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa mengelompokkan anak-anak berdasarkan dengan kemampuan sebaiknya dihindari, karena anak-anak dengan kemampuan bahasa yang paling rendah akan semakin jauh tertinggal.

Anak-anak prasekolah belajar banyak dari teman-temannya sama seperti belajar dari gurunya, terutama ketika belajar bahasa. Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa anak-anak dengan kemampuan bahasa yang rendah cenderung makin susah meningkatkan kemampuan bahasanya jika ditempatkan dalam kelas berisi anak-anak yang kemampuan bahasanya sama-sama rendah. Namun hal itu tak terjadi ketika anak-anak tersebut ditempatkan dalam kelas yang kemampuan bahasanya rata-rata.

Penelitian yang telah dimuat dalam jurnal Child Development ini mengamati 338 orang anak-anak di 48 kelas prasekolah yang berbeda dan menguji keterampilan tata bahasa, kosa kata, dan kemampuan untuk mendiskusikan apa yang terjadi di buku gambar. Anak-anak diuji di musim gugur dan di musim semi untuk memberikan gambaran perbaikan kemampuan belajar selama di sekolah.

Anak-anak dengan kemampuan bahasa yang buruk tidak meningkat atau memburuk ketika ditempatkan dengan anak lain yang keterampilan bahasanya rendah. Kemampuan bahasa mereka juga tidak membaik ketika ditempatkan dalam kelas dengan anak-anak kemampuan yang lebih tinggi. Anak yang memiliki kemampuan bahasa yang tinggi tidak terganggu ketika ada anak dengan kemampuan bahasa yang rendah di kelas.

Kualitas guru tampaknya tidak memiliki efek apapun dalam penelitian ini. Seperti dirilis The Atlantic, Senin (21/11/2011), para peneliti berpendapat bahwa interaksi antara anak-anak atau harapan guru terhadap siswa lah yang lebih berperan.




Dalam kedua kasus, hasil penelitian menunjukan bahwa pengelompokan siswa sesuai prestasi atau kemampuannya pada usia dini bukanlah cara yang tepat untuk membantu meningkatkan kemampuan mereka. Membiarkan anak-anak saling membantu adalah cara yang lebih baik.

Banyak program prasekolah di Amerika Serikat yang ditargetkan kepada anak-anak miskin. Sayangnya, anak-anak ini menunjukkan perkembangan kemampuan bahasa yang lambat.

Jika kita benar-benar ingin membantu anak-anak mengangkat keluar dari kemiskinan, dan menggunakan prasekolah sebagai cara untuk membuat hal itu terjadi, kita perlu mempertimbangkan kembali bagaimana cara kita memberi pendidikan. Ruang kelas yang memadukan siswa dari latar belakang yang berbeda adalah cara terbaik untuk memberikan dorongan yang dibutuhkan siswa miskin, tegas Laura Justice, peneliti dari Ohio State University.

mendidik anak secara islami
LihatTutupKomentar